Resep Obat Rasa Malas Yang Membayangi Kehidupan

Posted on

Rasa malas adalah hal yang sangat di benci karena kita di saat ingin melakukan sesuatu merasa malas maka pekerjaan atau kegiatan tersebut tidak akan selesai karena malas, siapa sih yang mau di bayangin rasa malas terus, nah kali ini kami akan membagi gimana caranya kalian melawan rasa malas.

Banyak faktor yang menyebabkan orang menjadi malas, di antaranya; terlalu terbebani dengan tugas, tidak suka dengan pekerjaan yang ia kerjakan, keadaan yang tertekan, bawaan sejak lahir, terlalu banyak harapan (muluk) yang tidak dapat direalisasikan dan lain-lain. Tapi semua itu tak dapat dijadikan alasan seseorang untuk bermalas-malasan

Cara Mengusir Rasa Malas

1. Target yang Jelas dan Tepat

Jika kamu malas belajar atau ibadah maka bangun target anda seperti harus bisa baca satu judul buku satu hari atau solat sunnah setelah solat wajib setiap hari sejak usia remaja atau saat ini . Bangun target anda semaksimal mungkin tapi jangan terlalu banyak sebab apapun ceritanya yang terbaik.

2 . Prinsip

Jika kamu sudah membangun target dan tujuan pencapaian maka bangun sebuah prinsip ” pantang menyerah sebelum tuntas ” maka fokuskanlah diri anda kepada belajar sebelum anda benar-benar mumpuni dalam ke ilmuan .

3. Sadar diri

Anda harus sadar jika lagi sedang malas berarti anda sedang dikuasai setan dan Nafsu yang jelek . maka jika sudah tau dikuasai oleh nafsu dan setan maka bangkitlah jangan pernah betah bersama setan sebab setan adalah musuh kita yang akan selalu berniat untuk menjerumuskan kamu. agar jadi orang bodoh , pemalas , tamak , dan miskin . sedangkan kita tau miskin agama dan harta akan mudah di kafirkan .

Sadar anda sedang dibelengggu nafsu maka anda harus jadi orang hebat yang mampu mengendalikannya bukan mematikannya tapi ingat mengendalikan sebab dengan nafsu jugalah kita punya motivasi untuk membuat target dan membangun prinsip .

4. Doa

Doa adalah senjata orang mukmin, begitulah Nabi menegaskan. Ibnu Qayyim dalam karyanya al-Jawâb al-Kâfî li Man Sa’ala ‘anid-Dawâ’ asy-Syâfi, menjelaskan bahwa obat mujarab untuk menyembuhkan jiwa orang mukmin yang sudah terjangkiti berbagai penyakit adalah berdoa dan bersungguh-sungguh dalam doa. Di antara doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk menanggulangi rasa malas adalah:

Doa Mengusir Malas

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبُخْلِ والْجُبْنِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ. ( رواه أبو داود)

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesusahan, dan aku berlindung pada-Mu dari kelemahan dan sifat malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir dan pengecut, dan aku berlindung pada-Mu dari hutang yang tak mampu ditanggung serta kesewenangan orang yang tak mampu dilawan.” (HR Abu Dawud) .

 

Mengusir Malas Menurut Rosulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam.

Kalau begitu bagaimana cara mengusir malas? Secara teori baik dalam tinjauan psikologis dan motivasi banyak cara. Tetapi, coba deh resep yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alayhi Wasallam.

1. Pertama

Memahami konsep waktu. “Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah waktu sehatmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu.” (HR. Imam Bukhari).

Pahami benar pentingnya waktu. Kalau ada hal paling misteri di muka bumi ini, itulah waktu. Mengapa kita tidak boleh menunda apalagi malas, karena waktu tak ada yang bisa jamin. Dan, boleh jadi saat kita menunda suatu pekerjaan pada suatu waktu, eh ternyata kala waktu itu tiba, datang kesibukan lainnya. Akhirnya apa? Ya ujung-ujungnya, semua gak ada yang terlaksana. Jatuh deh kredibilitas diri kita.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar memahami konsep waktu ini dengan baik. Sebab waktu tak akan pernah bisa kembali. Itulah mengapa Imam Ghazali mengatakan yang terjauh dari hidup kita itu adalah waktu.

2. Kedua

milikilah mental bersegera dalam kebaikan dan ampunan-Nya. Setelah memahami pentingnya waktu, ikutilah perintah Allah Ta’ala untuk kita bersegera dalam kebaikan dan ampunan Allah Ta’ala. Ya, kalau dengar adzan, berjuanglah untuk bisa sholat tepat waktu, syukur berjama’ah ke masjid.

3. Ketiga

berdoalah kepada Allah Ta’ala. Trik dan tips apapun tidak akan benar-benar menyelamatkan diri kita dari malas jika tanpa pertolongan Allah kepada kita.

Oleh karena itu Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam mengajarkan kita sebuah doa agar dilindungi dari sifat malas.

“Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud). Wallahu a’lam.

 

Nah semoga yang saya bagi kali ini dapat berguna buat kalian ya jangan lupa amalkan ya biar tidak malas lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *