Pertolongan Pertama Serangan Jantung  Untuk Menyelamatkan Nyawa!

Posted on

Serangan jantung

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya. Gangguan aliran darah ke jantung tersebut bisa merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berakibat fatal. Dalam dunia medis. Serangan jantung juga di sebut sebagai infark miokard.

Berikut Adalah Tanda – Tanda Serangan Jantung:

  1. Susah tidur
  2. Keringan berlebihan di malam hari
  3. Detak jantung tidak normal
  4. Kait dada di malam hari
  5. Tubuh terasa sakit
  6. Mual
  7. Kulit pucat
  8. Gelisah
  9. Pingsan
  10. Merasa ketakutan
  11. Merasa lelah secara mendadak
  12. Nyeri pada bahau, leher, lengan, atau rahang
  13. muntah

Siapa sih yang tidak takut dengan serangan jantung jika ada saudara atau orang terdekat anda yang memiliki penyakit jantung jaga dan perhatikan lah dia ya guys, disini saya memiliki beberapa cara untuk menyelamatkan serangan jantung yang terjadi.

 

Berikut Adalah Beberapa Cara Yang Dapat Menyelamatkan Dari Serangan Jantung:

1. Pasien harus duduk beristirahat dan berusaha tetap tenang. Ia dapat duduk di kursi, di lantai, atau bersandar pada dinding. Duduk di lantai membuat mereka lebih tidak berisiko mengalami cedera jika pingsan.

2. Longgarkan semua pakaian.
Jika sudah pernah di resepkan obat nitrogliserin sebelumnya oleh dokter, segera berikan. Caranya pemberian nya dengan meletakkan tablet di bawah lidah.

Jika pasien tidak memiliki riwayat perdarahan atau pun alergi, pasien dapat diberikan aspirin 325 mg untuk dikunyah. Hindari memberikan apa pun melalui mulut, kecuali nitrogliserin atau obat lain yang sudah pernah di resepkan sebelumnya. (Bisa minta penolong lain membelikan ke apotik terdekat).

4. Segera hubungi UGD atau rumah sakit terdekat.Segera lakukan RJP (resusitasi jantung paru) setelah menghubungi UGD, jika pasien tidak sadar atau tidak merespon. Lakukan RJP lebih dulu selama satu menit sebelum mengontak UGD jika pasien adalah balita atau anak-anak.

5. Panggil bantuan terdekat jika Anda merasa panik. Tetapi jangan sekali-sekali meninggalkan pasien sendirian.

6. Berikan persuasi positif sambil menunggu ambulans datang. Jangan menunggu hingga gejala berlalu untuk memanggil bantuan. Juga jangan membujuk pasien untuk menganggap bahwa gejala nya adalah hal biasa.

7. berdoalah kepada yang kuasa karena sebenarnya semua dia yang mengatur, dan bertawakal lah kepadanya.

8. Ketika orang tersebut sadar duduk kan atau letakkan penderita pada posisi nyaman. Pastikan bersandar agar tidak perlu menyangga beban tubuh. Setelah itu tenang kan penderita.

9. Jangan berkendaraan. Jangan mengendarai kendaraan untuk ke rumah sakit, tunggu sampai bantuan datang, karena memiliki resiko besar yang bisa menyebabkan kecelakaan dan juga bisa membahayakan orang lain. Jika serangan jantung terjadi ketika berkendara segera menepi dan menelpon bantuan.

10. Jangan berkendaraan. Jangan mengendarai kendaraan untuk ke rumah sakit, tunggu sampai bantuan datang, karena memiliki resiko besar yang bisa menyebabkan kecelakaan dan juga bisa membahayakan orang lain. Jika serangan jantung terjadi ketika berkendara segera menepi dan menelpon bantuan.

 

Hal Hal Yang Harus Di Hindari:

Jangan melakukan hal – hal berikut untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan:

  1. Jangan tinggal penderita serangan jantung sendirian, selain untuk meminta bantuan, jika diperlukan.
  2. Jangan biarkan penderita memberikan gejala yang terjadi dan meminta anda untuk tidak meninggalkan anda.
  3. Jangan menunggu gejala menghilang.
  4. Jangan berikan apapun kepada penderita melalui mulut, selain obat- obatan yang diperlukan.

 

Serangan jantung bisa terjadi kapan saja, jika terlambat untuk di tangani maka akibatnya adalah fatal. Untuk mengurangi resiko angka kematian akibat serangan jantung. Penuhilah diri anda dan juga orang terdekat anda dengan berbagai informasi mengenai pertolongan pertama untung orang yang mengalami serangan jantung.

Terimakasih telah berkunjung Semoga artikel ini bermanfaat ya guys?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *