Penyakit Flu (influenza) Gejala Penyebab Dan Mengobatinya

Cara mengobati flu

Apa itu flu (influenza)

Flu, atau influenza, adalah infeksi virus pada pernafasan. Influenza datang secara tiba-tiba, berlangsung selama 7 sampai 10 hari, dan biasanya hilang begitu saja. Kebanyakan orang sembuh sepenuhnya. Namun, bagi orang tua, balita, dan orang dengan imunitas yang lemah, flu bisa memicu kondisi yang lebih parah dan bahkan mengakibatkan kematian akibat komplikasi. Tipe lain dari flu adalah flu babi (HIN1), flu burung (H5N1, H7N9), dan lain-lain.

Setiap tahun terdapat 10% hingga 15% kasus flu, memengaruhi 250.000 – 500.000 orang. Jenis baru dari influenza A/H1N1 menyebabkan wabah pada Juni 2009. Kebanyakan orang terjangkit pada musim gugur dan musim dingin.

Seberapa umumkah flu (influenza)

Flu sangat umum dan bisa memengaruhi pasien dari segala usia. Influenza dapat dihindari dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan mendiskusikan dengan dokter Anda untuk info lebih lanjut.

Orang dewasa biasanya terjangkit influenza 2-3 sekali per tahun sedangkan anak-anak bisa mencapai 6-7 kali per tahun. Beberapa orang yang mempunyai risiko lebih tinggi untuk pilek:

  • Anak-anak di bawah 5 tahun, dan terutama mereka yang di bawah 2 tahun
  • Orang dewasa berusia lebih dari 65 tahun
  • Penghuni panti jompo dan fasilitas pelayanan jangka panjang
  • Wanita hamil
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah
  • Seseorang yang mempunyai penyakit kronis seperti asma, penyakit jantung, penyakit ginjal dan diabetes
  • Orang yang sangat gemuk, dengan Indeks Massa Tubuh (body mass index alias BMI) sebesar 40 atau lebih

Tanda-tanda & gejala Flu (influenza)

Gejala flu datang secara tiba-tiba. Tanda dan gejalanya biasanya mulai dari 24 sampai 48 jam setelah terpapar virus flu. Gejala dan demam terburuk biasanya berlangsung selama 3 sampai 5 hari.

Gejala flu biasanya akan mulai berkembang dalam kurun satu hingga tiga hari pasca terinfeksi virus. Beberapa gejala yang biasanya dialami adalah:

  • Demam.
  • Pegal-pegal.
  • Batuk kering.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Menggigil.
  • Sakit tenggorokan.
  • Bersin-bersin, hidung tersumbat, atau hidung beringus.
  • Nafsu makan menurun.
  • Sulit tidur.

Sebagian besar penderita flu pulih dalam waktu kurang dari satu minggu.Meskipun begitu, sejumlah orang ada yang masih mengalami batuk atau rasa lelah hingga beberapa minggu ke depan.

Anda sebaiknya waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika:

  • Anda termasuk kategori orang-orang yang rentan mengalami komplikasi flu, seperti ibu hamil, manula, penderita penyakit kronis (penyakit paru-paru atau jantung), serta orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Gejala flu yang Anda alami sama sekali tidak berkurang, makin parah, atau justru tidak kunjung sembuh setelah tujuh hari.

Apa penyebab Flu 

(influenza)

Flu disebabkan oleh virus influenza yang dapat ditularkan baik secara langsung atau tidak langsung.

Salah satu contohpenularan langsung adalah ketika kita tanpa sengaja menghirup butiran air liur di udara yang dikeluarkan oleh penderita flu melalui bersin atau batuk. Contoh penularan langsung lainnya adalah ketika kita bersalaman dengan penderita flu setelah sebelumnya tangan mereka memegang mulut atau hidung.

Penularan tidak langsung umumnya diperantarai oleh benda-benda yang telah terkontaminasi virus. Kita bisa terinfeksi flu apabila memegang permukaan benda yang sebelumnya telah terkena percikan butiran liur penderita. Virus flu bisa bertahan hidup pada permukaan benda selama satu hari. Contoh-contoh benda yang sering menjadi media perantara penularan virus flu adalah gagang pintu, telepon, atau papan tombol

Bagaimana Cara Mengobati Flu (influenza)

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati flu secara alami:

1. Berkumur dengan Air Bersih

Jika sedang terserang flu maka coba untuk sering berkumur. Orang yang sering berkumur empat kali sehari dengan air bersih atau air mineral memiliki risiko yang lebih kecil terkena flu. Berkumur akan bekerja untuk menghilangkan atau membantu mengeluarkan lendir dari jaringan sinus yang terhubung ke bagian tenggorokan. Bagian ini sangat rentan dengan perkembangan virus sehingga harus lebih sering dibersihkan. Air juga akan membantu bagian ini menjadi lebih lembab dan tidak terlalu kering sehingga virus tidak akan suka dengan lingkungan tersebut. Gunakan air bersih untuk berkumur  untuk menghindari penularan virus atau bakteri melalui air.

2. Olahraga Ringan

Seseorang terserang flu biasanya menghindari kegiatan di luar rumah untuk menghindari beberapa dampak buruk dari udara di luar rumah. Selain itu, ketika flu maka tubuh juga membutuhkan istirahat. Akan tetapi sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas South Carolina membuktikan jika bergerak atau melakukan olahraga ringan saat terkena flu justru dapat mengurangi gejala dan infeksi. Namun tentu saja hanya olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 15-20 menit. Selain itu tetap gunakan pelindung badan yang cukup untuk menghindari udara dingin dan virus.

3. Minum Teh Hangat

Ketika sedang flu maka banyak orang merasa bahwa minum secangkir teh hangat akan membantu membuat badan menjadi lebih segar. Hal ini ternyata sangat benar karena teh hangat atau teh panas membantu melawan virus penyebab flu. Bahkan penelitian ini telah dibuktikan oleh studi ilmiah di Universitas Harvard. Teh mengandung senyawa polifenolseperti katekin yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu senyawa polifenol lain dalam teh terbukti bisa meningkatkan kondisi tubuh menjadi lebih baik. Jadi Anda bisa mencoba untuk minum secangkir teh hangat sangat flu.

4. Berhenti Merokok

Terkena paparan asap rokok maupun merokok akan sangat buruk untuk kondisi penyakit flu. Semua orang harus berhenti merokok atau tidak terkena asap rokok saat flu. Asap rokok mengandung bahan senyawa yang sangat buruk seperti nikotin. Bahan ini akan menghalangi fungsi serat rambut kecil yang terdapat pada hidung. Fungsi serat rambut atau silia ini adalah menyaring dan menghancurkan kuman yang berusaha masuk ke lapisan mukosa. Jika lapisan ini rusak maka tubuh akan lebih mudah terserang flu.

5. Mencuci Tangan Secara Rutin

Cara lain untuk menghilangkan flu adalah dengan mencuci tangan secara rutin. Mencuci tangan dengan cara yang benar termasuk dengan menggunakan cairan antiseptik. Bahkan ketika sedang flu, mencuci tangan dapat dilakukan dengan air hangat. Bagian kuku dan semua sela-sela jari harus bersih. Setelah itu gunakan lap yang bersih seperti handuk yang benar-benar bersih untuk mengeringkan tangan. Cara ini akan membantu membersihkan kuman dan virus di bagian luar tubuh

6. Makan Secara Teratur

Orang yang sedang terkena flu sebaiknya harus tetap makan bahkan saat merasa tidak nafsu makan. Mengonsumsi makanan sehat akan membantu tubuh melawan infeksi dari virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Makanan yang sehat juga akan menyumbang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Sejenak ketika terkena flu maka cobalah untuk melupakan diet. Diet bisa kembali dilakukan setelah sembuh dari flu.

7. Konsumsi Ramuan Ginseng

Bahan ginseng juga sangat baik untuk membantu tubuh melawan virus penyebab flu. Cara ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi ramuan ginseng atau teh yang mengandung bahan ginseng. Ginseng adalah bahan akar tradisional khas Cina dan Korea yang dipercaya dapat melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu sebuah studi yang dilakukan di Universitas Alberta di Kanada mengatakan jika ginseng akan melawan infeksi dengan cara yang sangat alami. Ginseng tidak hanya bisa dimasukkan dalam minuman namun juga bahan makanan seperti sup atau bubur.

8. Konsumsi Makanan yang Mengandung Seng Tinggi

Mineral seng juga sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit flu. Makanan yang mengandung seng tinggi akan meningkatkan aktivitas tubuh dalam melawan flu.  Bahkan seng juga akan membantu proses regenerasi sel tubuh yang aktif untuk melawan berbagai zat asing seperti virus. Cara ini akan membantu tubuh lebih kuat ketika sedang flu. Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan misalnya seperti udang, kepiting, kerang, tiram, daging kambing, sereal, keju, daging ayam, kacang mete, lentil, dan almond.

9. Konsumsi Sup atau Kaldu Ayam

Saat flu menyerang biasanya membuat tubuh kehilangan nafsu makan sehingga tubuh menjadi lebih lemah. Untuk cara mengobati flu ini, maka bisa mencoba untuk makan sup atau sup kaldu tulang. Sup telah menjadi makanan yang sangat penting ketika flu bagi masyarakat Cina, Korea, dan Jepang. Sup yang panas atau hangat sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jenis sup yang dapat dikonsumsi adalah jenis sup hasil olahan sayuran yang berisi kaldu tulang atau daging ayam. Kaldu yang dihasilkan dari tulang dan daging ayam dapat membantu mengatasi peradangan dan meningkatkan kerja sel darah putih saat melawan infeksi. Untuk mendapatkan hasil terbaik maka sangat disarankan untuk mencampur dengan sayuran penuh vitamin seperti daun bawang, wortel, atau kentang.

10. Istirahat di Malam Hari

Saat flu menyerang dan kondisi memaksa untuk tetap bekerja pada siang hari, maka cobalah untuk tetap istirahat pada malam hari. Tidur malam sangat baik untuk memulihkah kondisi dan membuat tubuh mengumpulkan kekebalan tubuh. Sementara jika kurang tidur maka tubuh akan menjadi lemah dan mudah terkena infeksi. Istirahat pada malam hari adalah istirahat terbaik karena bisa membuat tenaga tubuh pulih kembali dan akan merasa segar pada keesokan hari.

11. Tidur dengan Posisi Bantal Lebih Tinggi

Ketika sedang flu, maka hidung dan tenggorokan akan terasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, hal yang dapat dilakukan adalah tidur dengan posisi bantal lebih tinggi. Posisi bantal yang tinggi akan membantu mengalirkan cairan dari hidung. Cairan atau lendir yang keluar dari hidung akan membantu mengatasi infeksi dengan lebih cepat. Untuk itu jangan lupa menggunakan bantal yang tinggi dan pastikan semua kain dan selimut di atas tempat tidur juga bersih.

12. Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air hangat atau air panas sangat baik untuk orang yang sedang flu. Ketika sedang pilek, maka tubuh menjadi tidak nyaman. Tidak mandi adalah kesalahan yang paling sering dilakukan, karena mandi air hangat justru dapat membantu badan menjadi lebih segar. Selain itu, uap yang dikeluarkan air panas dalam ruangan akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari hidung dan jika diikuti dengan bersin-bersin maka ini menjadi pertanda yang baik.

13. Konsumsi Telur

Telur menjadi makanan terbaik saat sedang flu. Telur mengandung protein dan asam amino yang sangat penting untuk melawan infeksi virus atau bakteri dalam tubuh. Jenis telur yang dapat dikonsumsi adalah telur ayam kampung atau jenis telur dari peternakan ayam organik. Konsumsi telur yang baik diolah dengan cara membuat telur rebus atau telur dadar yang digoreng dengan mentega. Konsumsi telur juga akan membantu tubuh mendapatkan tenaga dan sumber nutrisi yang sangat penting. Saat tubuh merasa tidak nafsu makan maka telur akan menggantikan tenaga yang keluar dari tubuh.

14. Minum Jus Elderberry

Ketika sedang flu maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus elderberryElderberry merupakan buah ajaib dengan bentuk yang kecil dan berwarna ungu. Buah ini sangat mirip dengan buah anggur hanya dengan ukuran yang lebih kecil. Buah ini mengandung karotenoid yang sangat penting untuk melawan infeksi. Kandungan vitamin C dalam buah ini juga bisa menjadi bahan antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

15. Minum Air Mineral

Ketika sedang flu maka usahakan untuk minum banyak air mineral. Air ini sangat penting untuk mencegah tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Minum cukup air mineral akan membantu tubuh melawan penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh membutuhkan air mineral yang cukup karena bisa beberapa bagian tubuh memang membutuhkan air. Air juga akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari tenggorokan dan hidung.

16. Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Membersihkan hidung dengan air garam juga akan membantu tubuh dalam melawan infeksi. Hal ini sangat penting untuk orang yang sedang terkena flu. Air yang sudah dicampur dengan garam akan membantu mengeluarkan cairan dari dalam hidung atau tenggorokan. Bahkan air garam membantu mengatasi infeksi yang bisa menyebabkan pilek menjadi sangat buruk. Awalnya memang tidak akan terasa nyaman untuk hidung namun cara ini sangat efektif untuk mengeluarkan cairan dari hidung.

17. Minum Susu

Banyak orang yang mengatakan untuk tidak minum susu saat terserang flu. Hal ini disebabkan susu bisa menyebabkan lendir tersumbat sehingga flu tidak cepat sembuh. Namun ternyata susu bisa menjadi minuman yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Susu mengandung vitamin D yang sangat penting dalam melawan infeksi. Balita yang masih menyusui sebaiknya juga harus tetap diberikan ASI. Susu yang diberikan untuk anak-anak sebaiknya sesuai dengan jenis kebutuhan. Hindari jenis susu yang mengandung banyak lemak untuk orang dewasa.

 

semoga artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat ya amin.

author
No Response

Leave a reply "Penyakit Flu (influenza) Gejala Penyebab Dan Mengobatinya"