10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Pengertian Pepaya

Buah pepaya merupakan sumber alami vitamin dan mineral yang penting untuk menormalkan fungsi tubuh. Dimana buah satu ini terkenal dengan rasanya yang lezat dan warnanya yang terang serta tumbuh di daerah tropis baik untuk kesehatan. Buah pepaya dapat dimakan sebagai buah yang masak, dibuat sayur, dimakan sebagai rujak dan sebagainya.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Kandungan gizi yang ada pada pepaya

Satu buah pepaya dengan ukuran sedang, mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan satu buah pepaya, memberikan 224% dari kebutuhan harian. Kandungan pepaya lainnya terdiri dari :

  • folat
  • vitamin A
  • magnesium
  • tembaga
  • asam pantotenat
  • fiber.3
  • vitamin B
  • alfa
  • beta karoten
  • lutein
  • zeaxanthan
  • vitamin E
  • kalsium
  • kalium
  • vitamin K

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Banyak Manfaat Buat Pepaya Masak

Manfaat pepaya bagi kesehatan penting sekali terutama untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, mengurangi risiko kesehatan, bahkan mendukung kecantikan kulit seperti berikut :

1.Melawan kanker

Kandungan dalam buah pepaya pun sangat berguna dalam menghancurkan berbagai penyakit terkait kanker, terutama kanker perut, pankreas dan juga payudara.

2. Menguatkan sistem imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

3. Menyehatkan tulang

Kekurangan asupan vitamin K banyak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Pada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

5. Mencegah Penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin dalam pepaya membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium, yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium , merupakan perubahan pola makan yang paling penting, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.

6. Pencernaan

Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

7.Merawat kulit dan rambut

Buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang tinggi. Kandungan ini sangat berguna dalam menjaga kulit anda lebih sehat. Anda juga tahu bahwa buah ini sering dimanfaatkan sebahgai bahan komestik, terutama untuk komestik kecantikan kulit atau rambut.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

9. Pencegahan Asma

10. Mengurangi Berat Badan

Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.

Adapun cara mengatasi asam urat dengan buah pepaya :

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  • Setengah pepaya muda
  • Bubuk teh
  • 1 buah kelapa muda

Cara membuatnya, bersihkan buah pepaya dari semua bijinya tetapi jangan dibuang kulitnya. Potong buah pepaya menjadi beberapa bagian kemudian dimasukan ke wadah. Lalu, tuangkan air 800 ml rebus hingga mendidih, setelah mendidih air masukkan buah pepaya tadi dan tunggu selama 3 menit. Selanjutnya taburkan 1 sendok makan daun teh, diamkan selama 30 menit dan saring airnya lalu campurkan dengan air kepala muda.

Terlepas dari manfaatnya, kandungan zat buah pepaya yang tak kalah penting perlu Anda perhatikan salah satunya karpain. Dengan begitu, konsumsi buah pepaya yang berlebih akan meningkatkan ketersediaan karpain dalam tubuh. Yang mana karpain itu bisa menurunkan denyut nadi yang akan mempengaruhi fungsi sistem saraf.

author
No Response

Leave a reply "10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"