Manfaat Bawang Arab Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Khasiat Bawang Arab

Bawang ini dikenal bawang sabrang adalah tanaman herbal yang  berasal dari Kalimantan. Nama sabrang sendiri muncul dari pendapat orang di luar Kalimantan. Mereka harus menyebrang (sabrang) hingga ke Kalimantan untuk mendapatkan bawang obat ini. Ada pula yang menyebutnya bawang arab dan bawang berlian.

Ciri-ciri Bawang Arab

Tempat Tumbuh dan Ciri-Ciri Bawang Sabrang Bawang ini banyak terdapat pada lahan yang kaya akan belerang pada ketinggian 600–2000 meter dari permukaan laut. Bentuk dan warnanya mirip seperti bawang merah lanang, berwarna merah dengan tubuh agak memanjang. Daunnya menyerupai pita sepanjang 15–20cm dengan lebar 3– 5cm.Tulang daun yang sejajar mirip seperti tumbuhan palem. Bunganya putih dan tumbuh di ujung batang dengan daun mahkota sebanyak 4 buah serta kelopak sebayak 2 buah berwarna hijau kekuningan.

Bentuk dari bawang arab ini adalah berwarna merah dengan bentuk yang agak memanjang serta bunga berwarna putih. Ada banyak manfaat bawang arab ini untuk kesehatan, akan tetapi bawang arab tidak bisa dikonsumsi saat masih mentah atau belum masak. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya untuk anda.

Kandungan Yang Bawang Miliki Adalah:

  1. polifenol
  2. flavonoid
  3. tannin, glikosida
  4. alkaloid
  5. saponin,
  6. tri terpenoid
  7. steroid
  8. fenolik

Penyakit Yang Dapat Di Sembuhkan Oleh Bawang Arab

Tanaman ini banyak sekali kegunaanya terutama untuk bahan ramuan obat obatan herbal.

1. Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Kanker Usus
2. Khasiat Bawang Dayak Sebagai Obat Kanker Payudara
3. Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Diabetes Melitus
4. Khasiat dan Manfaat Bawang Dayak Untuk Mengatasi Hipertensi
5. Manfaat dan Khasiat Bawang Dayak Untuk Menurunkan Kolesterol
6. Kegunaan Bawang Dayak Sebagai Obat Bisul
7. Manfaat Bawang Merah untuk Mengatasi Stroke
8. Khasiat Bawang Dayak Sebagai Obat sakit Perut
9. Manfaat Bawang Dayak Untuk Ibu-ibu Setelah Melahirkan
10. Khasiat Bawang Dayak untuk Mengatasi Sembelit
11. Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Disentri
12. Khasiat bawang Dayak Untuk Menyembuhkan Luka
13. Manfaat Bawang Dayak untuk Mengatasi Muntah-muntah
14. Khasiat Bawang Dayak untuk Mengobati Sakit kuning

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak dan Cara Mengolah Umbi Bawang Dayak

Bagian tanaman bawang dayak yang dikonsumsi dan berkhasiat sebagai obat herbal adalah seluruh bagian tanaman yaitu umbi, akar dan daunnya. Bawang dayak dapat dikonsumsi segar, diseduh seperti teh, atau diolah terlebih dahulu menjadi bubuk dan kapsul atau dibuat manisan. Hasil pengolahan tanaman obat herbal khas Kalimantan ini antara lain ; simplisia, bubuk, instan dan manisan.

1.    Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Untuk Pengobatan

Bawang dayak dapat dikonsumsi dalam keadaan segar (tanpa pengolahan) untuk pengobatan. Caranya ; 3-4 buah bawang dayak dicuci hingga bersih, kemudian di iris tipis dan diseduh dengan 1 gelas air mendidih (200 ml). Diminum selagi hangat 2 – 3 kali sehari.

2.    Cara Membuat Simplisia Bawang Dayak

Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi dan daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong / diiris tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 C selama kurang lebih 8 jam. Atau dijemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering simplisia bawang dayak dikemas rapi dan disimpan. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara diseduh menggunakan air mendidih kemudian diminum.

3.    Cara Membuat Bubuk Bawang Dayak

Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi dan daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong / diiris tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 C selama kurang lebih 8 jam. Atau dijemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Kemudian didinginkan dan dihaluskan (ditumbuk) atau diblender. Sebelum dikemas bubuk bawang dayak diayak terlebih dahulu. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara diseduh menggunakan air mendidih kemudian diminum.

4.    Cara Membuat Kapsul Bawang Dayak

Sebenarnya ini adalah cara untuk mengawetkan bubuk bawang dayak dan supaya lebih praktis. Langkah awal membuat kapsul bawang dayak adalah sama dengan cara membuat bubuk bawang dayak. Kemudian bubuk bawang dayak disimpan atau dimasukkan dalam kapsul. Bentuk kapsul lebih praktis dalam mengkonsumsinya dan lebih aman dalam penyimpanan, yaitu seperti mengkonsumsi obat pada umumnya.

5.    Cara Membuat Manisan Bawang Dayak

Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi dan daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong / diiris tipis dengan ketebalan antara 1-2 mm. Siapkan 1 kg gula dan dilarutkan dengan 1 liter air. Kemudian dikukus selama kurang lebih 5 menit, masukkan larutan gula tersebut sambil diaduk, masak hingga kental sampai kering (sampai terbentuk kristal gula). Manisan bawang dayak siap untuk dikonsumsi.

One thought on “Manfaat Bawang Arab Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *