Makanan Kaya akan serat

Makanan Yang mengandung Serat Tinggi

Posted on

Akibat Kekurangan Serat dalam tubuh. Serat adalah salah satu unsur zat yang penting dan diperlukan untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan serat, maka kondisi kesehatan pun bisa terganggu. Seseorang terkadang tidak suka makan makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayuran. Biasanya anak-anak sering mengalami hal demikian. Pasalnya anak-anak terkadang susah jika disuruh untuk makan sayuran atau buah-buahan. Anak-anak malah justru senang dengan jajanan-jajanan yang tidak sehat seperti aneka snack yang mengandung bahan pengawet dari kimia. Sehingga orang tua pun harus memaksa anak untuk makanan yang mengandung serat tinggi.

Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun juga ada yang tidak suka makan buah atau sayuran. Terlebih orang dewasa sudah bisa hidup mandiri. Apabila tidak pandai dalam mengatur pola hidup yang sehat, bisa-bisa sembarangan saja dalam mengkonsumsi makanan. Memilih makanan yang enak-enak saja namun lupa memperhatikan kandungan gizi yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Gejala dan Akibat Kurang Serat

Apa saja tanda atau gejala ketika anda kurang serat? Ada empat hal secara umum akibat dari tubuh yang kekurangan serat. Diantara adalah:

1. Mengalami Sembelit

Mengalami sembelit. Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesusahan ketika buang air besar. Tinja terasa keras sehingga sulit untuk keluar. Sehingga akibatnya, orang yang sembelit akan merasakan tidak nyaman dalam perutnya karena kotoran belum tuntas semua untuk dikeluarkan. Bagi anda yang mengalami sembelit, maka cobalah untuk lebih sering mengkonsumsi buah apel, wortel, brokoli dan juga biji-bijian. Usahakan juga banyak minum air serta olahraga yang teratur.

2. Mengalami Kenaikan Berat Badan

Mengalami kenaikan berat badan. Mengkonsumsi serat akan membuat anda merasa cepat kenyang dengan kualitas yang nyaman serta membantu diet dan tubuh yang sehat. Kekurangan serat bisa memicu berat badan menjadi naik dan kegemukan.

3. Naik Turun Kadar Gula Dalam Darah

Naik turun kadar gula dalam darah. Penyakit seperti diabetes salah satu pemicunya adalah kekurangan serat. Tambahkan menu makanan dengan tinggi serat dalam diet anda. Selain kadar gula, serat juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol anda.

4. Menimbulkan Berbagai Macam Penyakit

Menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan serat yaitu antara lain obesitas, hiperlipidemia, kencing manis, kanker usus besar, hipertensi, wasir, penyakit divertikulosis, aterosklerosis, batu empedu, hernia, sakit gigi dan lain sebagainya.

 

Apa Sih Makanan Yang Mengandung Serat?

Serat sendiri memiliki banyak sekali fungsi serat ini, dan membuatnya sangatlah penting bagi tubuh dalam :

  • melancarkan pencernaan
  • menurunkan kadar kolestrol
  • membantu menurunkan berat badan
  • membuat rasa kenyang lebih lama

Lalu bagaimana untuk memperoleh asupan serat yang optimal dalam sehari? Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang mampu menunjang kebutuhan serat sehari-hari.

SAYURAN

Sayuran hijau merupakan produk alam yang banyak mengandung serat dan wajib dikonsumsi sebagai kesehatan. Selain berbagai kandungan vitamin dan mineral lainnya yang berguna bagi tubuh. Berikut beberapa jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan serat yang tinggi :

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang sangat sehat. Si hijau ini ternya memiliki kadar serat cukup lebih 0.9 gram per 100 gram brokoli. Selain itu brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

2. Bayam 

 Sayuran hijau yang sering dikaitkan dengan tokoh kartun popeye ini memiliki kadar serat yang sangat tinggi. Anda akan mendapatkan manfaat serat sebanyak 2.8 gr per 100 gram bayam yang anda konsumsi setiap harinya.

3. Kangkung

Kangkung, selain memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang tinggi, juga merupakan makanan kaya serat. Apabila anda merasa sembelit, maka kangkung dapat membantu anda dalam melancarkan pencernaan anda.

4. Buncis

Buncis ternyata juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Setiap 100 gr buncis mampu menghasilkan 1.2 gr serat yang akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

5. Daun Selada

Daun selada ini biasa kita temukan pada salad dan burger, ternyata memiliki serat yang tinggi. Anda dapat merasakan manfaat 0.6 gr serat ketika anda mengkonsumsi 100 gram daun selada ini.

BUAH-BUAHAN

Buah tidak hanya sumber vitamin yang tinggi, namun juga kaya akan serat. Bahkan dalam 1 buahnya saja, rata-rata memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari beberapa jenis sayuran.

Berikut ini buah-buah yang memiliki kadar serat tinggi :

1. Buah Apel 

Siapa tak kenal dengan si bulat yang renyah ini. Dengan segudang kandungan nutrisi yang dimiliki, apel ternyata memiliki kandungan serat yang tergolong tinggi, yaitu 4.4 gram per 1 buah apelnya.

2. Buah Pisang 

Pisang, selain menjadi sumber vitamin C, vitamin B6, dan kalium, serat yang dimiliki pisang sebanyak 3,1 gram dalam satu buah pisang ukuran sedang.

3. Buah Pir

Pir merupakan buah yang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan apel, namun memiliki kadar air yang lebih tinggi. Buah berwarna kuning atau hijau ini merupakan makanan kaya serat, disamping kandungan vitamin-vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh kita.

 

 Alpukat meskipun menjadi sumber lemak – lemak baik tentunya – buah ini ternyata memiliki serat yang cukup tinggi sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat.

 

5. Buah Pepaya

Buah yang berukuran besar ini yang memiliki daging buah berwarna oranye atau kuning ini juga sangat baik untuk memperlancar pencernaan, karena memiliki serat sebanyak 1.3 gr per 100 gram daging buahnya.

 

Akibat kurang serat sebenarnya masih banyak. Yang paling penting dari sekarang adalah anda telah mengetahui beberapa akibat jika anda kekurangan serat. Dengan begitu diharapkan anda yang saat ini tidak suka makan makanan berserat seperti buah dan sayuran, diharapkan bisa makan makanan yang mengandung tinggi serat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *