Gejala Dan Penanggulangan Demam Berdarah

Posted on

gejala demam berdarah

Demam berdarah tergolong penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami kematian jika tidak mendapat pertolongan yang tepat. Penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak, balita maupun dewasa. Ini merupakan penyakit akut yang dikarenakan virus dengue yang telah masuk ke tubuh dengan melewati peredaran darah manusia.

Penyakit Demam Berdarah ditularkan oleh nyamuk Aedes aegepty. Virus ini menyerang imunitas tubuh karena virus ini memproduksi zat yang melemahkannya. Sehingga jika dibiarkan dapat membuat trombosit dalam tubuh menurun secara drastic dan inilah yang menyebabkan terjadinya kematian.

Penyakit demam berdarah dengue atau yang lebih disingkat DBD bisa menjangkit di negara kita ini setiap tahun. Hal ini disebabkan karena perubahan musim yang sering terjadi di setiap tahunnya. Terlebih siklus perkembangan nyamuknya yang tergolong cepat dalam berkembang biak bisa mencapai 200 hingga 400 burit dalam seharinya. Walau pun disemprot mati, keesokan harinya bisa muncul lagi.

Gejala Seseorang Terkena Demam Berdarah

Gejela seseorang yang Terkena Demam Berdarah

  • Demam mendadak kadang disertai menggigil.
  • Nyeri-nyeri pada tubuh.
  • Timbul ruang pada saat awal panas.
  • Adanya pendarahan yang tampak dari dalam maupun dari luar.
  • Nyeri pada kepala atau pusing.
  • Susah buang air besar atau malah terjadi diare.
  • Perut terasa mual bahkan muntah dan nafsu makan berkurang.

Jika anda merasakan hal di atas sebaiknya segera lakukan tindakan pencegahan. Misalkan berobat ke dokter. Dokter akan memastikan penyakit yang anda alami. Terlebih jika demam anda tak kunjung turun. Harus segera periksa ke dokter terdekat. Pengecekan darah akan lebih bisa dipastikan apa yang sedang dialami pasien. Jangan sampai terlambat dalam penanganan penyakit demam berdarah. Sebab jika tidak ditangani dengan baik dan benar, bisa-bisa si penderita mengalami kematian.

Cara Pengobatan Penyakit Demam Berdarah

Orang biasanya pengobatan alami yang di lakukan pertama adlah dengan menggunakan beberapa bahan yang ada sekitarnya yang di percaya sebagai obat demam berdarah dari sejak zaman dulu.

Pertolongan Yang Dilakukan Pada Seseorang Yang Terkena Demam Berdarah

Berikut adalah beberapa bahan alami yang di gunakan:

1. Meminum Air Kelapa Muda

Untuk proses pemulihan pada penderita demam berdarah biasanya menggunakan air kelapa muda yang di percaya dapat menyembuhkan sakit demam berdarah. Air kelapa muda mampu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat dan dapat menigkatkan juga jumlah trobosit ke batas normal. Selain itu air kelapa juga ampuh untuk menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh kita.

2. Mengkonsumsi Jambu Biji Atau Daun Muda Jambu Biji

Jambu biji dipercaya akan khasiatnya karena jambu biji dapat mengembalikan jumlah trombosit ke batas normal. Dan sedangkan daun jambu biji juga sangat berkhasiat untuk mengobati sakit demam berdarah ini dan dapat mempercepat proses pemulihan.

Dari Beberapa dokter pengobatan yang umumnya diberikan oleh dokter adalah:

  • Banyak beristirahat.
  • Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi (terutama untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang akibat gejala demam tinggi dan muntah-muntah).
  • Mengonsumsi parasetamol dan acetaminophen untuk meredakan demam dan nyeri.
  • Berhenti menjalani aktivitas untuk sementara waktu sampai tubuh benar-benar pulih.

Kondisi lingkungan yang kurang bersih juga bisa memicu nyamuk ini untuk semakin subur berkembang biak. Jagalah selalu pola hidup sehat dan bersih. Bilas kamar mandi anda secara berkala. Bersihkan tempat-tempat kotor di rumah dan lingkungan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *