Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

obat jerawat alamiJerawat adalah sejenis penyakit kulit yang seringkali timbul pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Munculnya jerawat biasanya juga diikuti dengan timbulnya bintik-bintik seperti komedo hitam dan komedo putih.Pada kasus parah seperti komedo yang berisi nanah dan kista, jenis ini biasanya akan meninggalkan bekas luka. Kemunculan jerawat di kulit ditandai dengan tanda-tanda seperti kulit yang berminyak dan muncul bintik-bintik, bahkan kadang kulit terasa panas dan sakit saat disentuh.

Tindakan pencegahan merupakan cara yang terbaik untuk mengatasi jerawat. Upaya pencegahan munculnya jerawat ini di antaranya:

1. Jaga kebersihan kulit di area yang berjerawat.

2. Bersihkan area tersebut dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah sebanyak dua kali sehari.

3. Gosok kulit dengan lembut agar tidak mengalami iritasi.

Namun seringkali setelah sembuh, jerawat menimbulkan bekas luka kadang akibat dari memencet sembarangan. Hal ini tentu mengurangi rasa percaya diri. Bekas jerawat yang masih tampak jelas di wajah terasa sangat mengganggu. Anda mungkin telah melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan bekas jerawat, baik dengan berobat ke dokter kulit ataupun dengan mencoba berbagai macam produk obat-obatan. Yang tentunya akan menguras kantong Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Akan tetapi, ada alternatif yang lain daripada menggunakan berbagai macam produk yang mahal dan belum tentu cocok untuk kulit Anda. Cara yang sebaiknya Anda lakukan adalah menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang timbul.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat di gunakan untuk pengobatan:

1. Menggunakan Madu dan Telur Sebagai Masker

Madu dan telur juga dapat digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa dibilang cukup ampuh. Cara nya dengan mengunakan kedua bahan secara bersama-sama supaya hasilnya maksimal. Untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada wajah, Anda dapat membuat masker untuk wajah dengan telur dan juga madu. Tapi ingat, telur yang digunakan cukup putih telurnya saja. Penggunaan masker ini sebaiknya sebelum tidur sampai bangun lagi di pagi harinya, lakukan cara ini secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya biasanya dikenal dengan obat alami penumbuh dan penyubur rambut. Namun ternyata lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya sangatlah mudah dengan cara mengambil gel lidah buaya kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat secara merata. Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya, paling tidak 2-3kali sehari. Maka dengan sendirinya jerawat yang membandel akan berangsur menghilang tanpa bekas.

3. Dengan Menggunakan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak sekali manfaatnya, selain untuk menghilangkan bau badan atau ketiak ternyata jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan jeruk nipis cukuplah mudah, yaitu degan cara mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah yang terdapat jerawat secara merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 sampai 18 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sambil dipijat secara halus.

4. Menggunakan Rempah Bawang putih

Bawang putih selain untuk bumbu rempah dapur ternyata bias juga untuk menghilangkan bekas jerawat membandel pada wajah. Caranya yaitu dengan haluskan 2-3 buah bawang putih kemudian oleskan pada wajah yang terdapat bekas jerawatnya secara merata. Meskipun bau, tetap konsisten untuk melakukan cara ini agar jerawat membandel cepat berangsur menghilang.

5. Menggunakan Tomat Sebagai Masker

Tomat merupakan salah satu bahan alami yang cukup ampuh dan salah satu bahan cara menghilangkan bekas jerawat kita. Tomat kaya akan kandungan vitamin C, ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat atau pun kulit kering yang membandel dan susah dihilangkan pada area wajah.

Untuk mengolah buah tomat sebagai masker sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya dengan  menyiapkan satu atau dua buah tomat yang tidak terlalu matang. Selanjutnya blender sampai halus dan jangan menambahkan air.

Dengan begitu masker sudah siap untuk digunakan, anda hanya perlu mengoleskan tomat yang sudah di haluskan secara merata ke seluruh wajah. Setelah merata, kemudian diamkan 10-15 menit sampai kering, kemudian bersihkan dengan membasuh muka menggunakan air dingin.

6. Dengan Menggunakan ES Batu

Ternyata cara menghilangkan bekas jerawat juga bias dengan menggunakan es batu.Cara ini terbilang  cukup mudah dan sederhana tetapi sangat ampuh. Caranya dengan mencuci bersih wajah anda terlebih dahulu, kemudian ambil es batu secukupnya saja. Lalu Gosokan es batu yang telah anda siapkan pada wajah atau leher yang terdapat bekas jerawatnya secara ringan dengan arah memutar kurang lebih 15-20 menit secara merata diarea wajah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa melakukannya secara rutin antara 2 atau 4 kali dalam sehari.

7. Dengan Masker Alpukat Dan Madu

Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Caranya menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Dengan Masker Pisang Dan Kunyit

Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Cara membuatnya adalah dengan pertama haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue, aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa pakai pelembap usai memakai masker jika dirasa wajah kering.

9. Dengan Masker Pepaya

Enzim papain yang terdapat pada pepaya dapat membantu mengikis sel kulit mati dan aktioksidannya dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit. Bersihkan pepaya dan potong dadu, Haluskan pepaya hingga menjadi bubur. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu atau lemon. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

10. Dengan Masker Daun Pepaya

Tidak hanya dagingnya, daun pepaya yang terkenal pahit ini pun dapat menjadi salah satu option untuk menghilangkan jerawat membandel. Senyawa kaprpain yang terkandung di dalamnya ampuh membunuh mikro organisme yang tidak diinginkan kulit.

Ambil 4 lembar daun pepaya. Keringkan dengan menggunakan sinar matahari. Kemudian tumbuk daun pepaya hingga halus. Campur dengan air sampai menajdi pasta. Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 30 ment. Bilas dengan air hangat.

Cara menghilangkan bekas jerawat membandel di wajah jika dilakukan secara rutin dan telaten maka jerawat akan memudar dan tidak meninggal bekas. lakukan salah satu cara diatas yang menurut anda mudah dan bahan-bahan gampang untuk didapatkan, dan pastikan bahan-bahan tersebut tidak menimbulkan alergi terhadap kulit wajah.

author
No Response

Leave a reply "Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat"