13 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Posted on

Cara mengatasi ketombe

Apa Itu Ketombe

Ketombe bukan merupakan masalah yang sepele, karena ketombe dapat mengganggu siapa saja yang memilikinya. Penampilan rambut, baik bagi wanita maupun pria, merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Menurut beberapa orang, ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang umum dengan pengelupasan kulit pada kulit kepala Anda.  Namun jangan khawatir, sulit tidak berarti tidak bisa diatasi.

Banyak jenis ketombe

Apa Saja Penyebab Ketombe

Penyebab ketombe bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk sampo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Lebih jelasnya simak saja ketombe di bawah ini.

Penyebab ketombe:

  1. Jarang keramas Jarang keramas atau cepet tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.
  2. Terlalu sering keramas. Kontroversi, terlalu sering keramas atau tercipta rambut tidak akan terbentuk untuk pembuatan minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.
  3. Kulit kering Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.
  4. Produk sampo dan kondisioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk sampo dan kondisioner yang tepat untuk kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.
  5. Infeksi jamur malassezia. Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamu ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe.

Cara mengatasi Ketombe

Cara Mengatasi Ketombe

Buat Yang Berketombe jangan khawatir lagi disini saya akan bagi banyak cara untuk menghilangkan ketombe anda

1. Minyak Zaitun

Minyak berminyak mudah kita beli pada minimarket terdekat. 

Cara Penggunaan:

  1. Oleskan minyak zaitun pada rambut
  2. Usahakan untuk pada kulit kepala
  3. Berikan pijatan agar minyak meresap
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Kemudian bilas dengan udara bersih
  6. Untuk lebih mudahnya lakukan 30 menit sebelum mandi

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki ciri-ciri dingin yang dapat Mengdingingkan kulit kepala.

Cara Penggunaan:

  1. Haluskan daging lidah buaya secukupnya
  2. Kemudian ratakan pada permukaan kulit kepala
  3. Pijat untuk memudahkan lidah buaya sampai pada kulit kepala
  4. Biarkan selama 30 menit,
  5. Kemudian bilas sampai bersih.

3. Jeruk Nipis dan Santan

Jeruk dan santan juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan ketombe.

Cara Penggunaan:

  1. Campurkan kedua bahan ini
  2. Selanjutnya oleskan pada rambut dan perawatan kulit kepala.
  3. Diamkan selama 20 menit.
  4. Bilas sampai bersih setelah 

4. Baking Soda

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan baking soda yang biasa kita gunakan buat roti. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak dan terlalu sering menggunakan baking soda. Cara pemakaianya juga sangat mudah.

Cara Penggunaan:

  1. Tinggal campurkan baking soda dengan udara hangat
  2. Kemudian aplikasikan pada kulit kepala
  3. Diamkan Beberapa saat
  4. Bilas dengan air sampai bersih

5. Lemon

Buah yang sudah tidak asing lagi, ciri khas buah ini memiliki warna kuning cerah. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon ini juga sangat mudah.

Cara Penggunaan:

  1. Peras lemon kemudian digunakan untuk membasuh kepala
  2. Pastikan perasan lemon pada kulit kepala
  3. Diamkan Beberapa saat
  4. Dan bilas lah dengan bersih

6. Daun Pandan

Daun pandan biasanya digunakan untuk pewarna hijau alami atau untuk menyedapkan makanan. Namun kali ini kita akan menggunakan daun panda untuk mengatasi ketombe secara alami. Haluskan daun panda, kalau perlu kita bisa tumbuk ke halus. Jangan menggunakan blender, cukup dengan ditumbuk. kemudian sedikit sedikit air hangat dan bilas kepala dengan perasan daun pandan ini.

7. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dimanfaatkan untuk memasak. Namun ternyata kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk membuat obat ketombe.

Cara Penggunaan:

  1. Rebus daun kangkung dengan 2 gelas air,
  2. Gunakan air rebusan ini untuk rambut dan kepala
  3. Diamkan Sesaat Agar Air merata
  4. Jika Sudah Bilas lah Dengan bersih

8. Bawang Merah

Dahulu orang jawa selalu memberikan bawang merah yang ditumbuk kemudian diletakkan pada kepala bayi untuk menghangatkan bayi. Ternyata hal ini bisa kita tiru untuk menghilangkan ketombe membandel secara cepat.

Cara Penggunaan:

  1. Haluskan bawang merah, atau cukup belah bawang merah menjadi dua.
  2. Kemudian oleskan pada kulit kepala.
  3. Diamkan hingga 15 menit
  4. Jika sudah bilas lah dengan bersih

9. Daun Neem

Daun Neem Ini Banyak sekali di sekitar anda, anda bisa mencarinya jika tidak tau daun neem ini apa anda bisa tanya pada orang tua atau si mbah google ya. Merebus 2 lembar daun neem dengan satu gelas air. Gunakan udara hasil perasan untuk perawatan permukaan kulit kepala kita.

10. Minyak Tea Tree

Minyak pohon teh anti jamur. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Cukup isi satu sendok makan tea tree oil dan dicampur dengan satu secangkir air hangat. Kemudian semprotkan pada area kepala.

11. Garam

Langkahnya sangat mudah, cukup basahi terlebih dahulu kepala kita dengan air bersih. Kemudian taburkan sedikit garam dan gosokkan pada kulit kepala. garam berfungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Kemudian bilas dan shampoan sampai bersih.

12. Minyak Almond

Cara menggunakan Minyak Almond ini sama dengan minyak zaitun. Cukup oleskan secara merata minyak almond pada kulit kepala kita.

13. Penuhi Asupan Nutrisi

Salah satu penyebab terbangun ketombe karena hubungan gizi kita. Maka dari itu penuhi kebutuhan nutrisi baik melalui makanan maupun pemakaian produk kesehatan rambut.

 

Mudah bukan cara diatas cukup murah dan praktis untuk anda coba dirumah sekarang jangan takut lagi buat ketombean atau rambut rontok lagi  ya. semoga ini bisa bermanfaat buat anda ya jangan lupa bagikan artikel ini keteman terdekat anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *