10 Cara Jitu Mengatasi Bibir Kering Dan Pecat-pecah

Posted on

Jangan bingung untuk mengatasi bibir pecah-pecah

Apa Itu Bibir Kering

Bibir kering dan pecah-pecah adalah masalah umum yang biasa dialami banyak orang, di mana bibir menjadi terlihat tidak menarik. Gejala yang timbul adalah bibir terlihat kering, kemerahan, pecah-pecah, mengelupas dan kadang juga bisa terdapat luka hinga berdarah serta menimbulkan rasa perih.

Apa Yang Menyebabkan Bibir Kita Kering

Kelembapan akan hilang melalui bibir daripada melalui bagian wajah atau tubuh yang lain. Ketika bibir kehilangan kelembapannya, kulit yang melapisi bibir dapat menjadi kaku dan mulai pecah-pecah. Bibir dapat pecah dan kering ketika mereka kehilangan kelembapan karena terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin.

Penyebab bibir kering sendiri sangat beragam, antara lain:

  1. Dehidrasi: kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat mengakibatkan kulit daerah bibir mengalami kekeringan. Biasanya ini banyak terjadi saat puasa dan cuaca panas.
  2. Merokok: meskipun sering dianggap sepele, tetapi asap rokok dapat mencuri kelembaban pada bibir kamu. Oleh sebab itu hentikan mulai sekarang.
  3. Paparan sinar matahari: sinar UV dapat menyebabkan kelembaban bibir berkurang, apalagi jika bibir terpapar sinar tersebut dapar waktu lama.
  4. Menjilat bibir: dengan menjilat, maka minyak pada bibir kamu akan terlarut. Sehingga akibatnya setelah kering bibir akan menjadi pecah-pecah.
  5. Panas dalam: kondisi panas dalam juga bisa mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Jika kondisi panas dalam dibiarkan, maka akan berakibat fatal.

Mengatasi Bibir Kering dengan Ramuan Sederhana

Beberapa ramuan sederhana di bawah ini bisa Anda buat dengan mudah. Meskipun begitu tergolong ampuh dalam menghilangkan bibir kering tanpa efek samping.

1. Madu dan Vaseline

Kita tahu bahwa madu memiliki sifat anti-bakteri yang menakjubkan dan merupakan salah satu agen penyembuhan terbaik. Vaseline atau petroleum jelly banyak digunakan untuk melembutkan, menyehatkan dan melindungi kulit dari kekeringan. Dengan menggabungkan kedua bahan ini, maka kita akan mendapatkan ramuan yang bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Membuatnya:

  1. Terapkan madu murni pada seluruh permukaan bibir
  2. Kemudian lapisi bibir dengan Vaseline dan biarkan selama 10-15 menit
  3. Bibir akan menyerap madu yang memiliki efek melunakkan. Coating vaseline akan memberikan hidrasi tambahan dan mencegah pengeringan
  4. Setelah 15 menit, usap madu dan vaseline menggunakan kain katun basah
  5. Ulangi prosedur ini selama seminggu untuk hasil yang memuaskan

2. Mentimun

Sayuran dingin ini menjadi makanan yang menyegarkan selama musim panas. Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, mentimun juga berkhasiat dalam menobati bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun juga memiliki sifat pencerah kulit sehingga mencerahkan bibir dengan mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir.

Cara Membuatnya:

  1. Iris mentimun dan gosok dengan lembut pada bibir
  2. Diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air biasa
  3. Hal ini akan membuat bibir lembut dan lentur terhindar dari kekeringan

3. Scrub Bibir

Menggosok bibir dengan scrub bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit yang mati. Setelah terkelupas, maka warna alami bibir terlihat dan diganti dengan sel-sel kulit baru yang sehat. Kita bisa menggunakan scrub gula untuk tujuan ini.

Cara Membuatnya:

  1. Sediakan 2 sendok teh gula pasir, aduk dengan beberapa tetes minyak zaitun
  2. Kemudian tambahkan ½ sendok teh madu dan aduk rata
  3. Biarkan campuran ini selama 5 menit, sehingga gula menjadi lebih lembut
  4. Setelah itu, terapkan seluruhnya bibir dan gosoklah secara lembut
  5. Cuci dengan air hangat

4. Cream Lemon

Lemon dan gula bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi bibir gelap dan pecah-pecah. Lemon bertindak sebagai pemutih alami dan madu melindungi bibir membentuk efek berbahaya dari radikal bebas. mengatasi bibir kering dengan lemon.

Cara Membuatnya:

  1. Campurkan 1 sendok teh jus lemon dan madu
  2. Tambahkan ½ sendok teh minyak jarak dan aduk rata
  3. Terapkan pada bibir sebelum tidur setiap hari
  4. Ulangi prosedur ini selama 10 hari untuk hasil terbaik

5. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya mengandung bahan-bahan alami yang memiliki manfaat dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Cara menerapkannya:

  1. Oleskan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara teratur
  2. seketika Anda akan merasakan efek dingin dan menyejukkan

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab alami dan pelumas alami terbaik. Asam lemak dalam minyak zaitun membantu menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal.

Cara menerapkannya: Oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir dua kali sehari.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu melembabkan bibir secara alami, dan mengatasi bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh cuaca yang tidak bersahabat. Memulihkannya menjadi lembut dan lembab kembali. Cara memakainya pun mudah. Oleskan minyak kelapa murni ke bibir setiap hari. Anda bisa melakukan cara yang sama menggunakan minyak jojoba dan minyak zaitun.

8. Air

Salah satu penyebab kulit dan bibir kering adalah dehidrasi. Dengan meminum banyak air akan mengembalikan kelembaban yang hilang dan menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Minum setidaknya 8 gelas sehari, terutama sebelum makan dan sebelum tidur. Selain itu air akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membuat kuit lebih kencang dan bercahaya.

9. Air Mawar

Air mawar dan kelopaknya bisa digunakan untuk menjaga kelembaban bibir dan membuatnya menjadi lebih berkilau dengan penggunaan teratur. Petik segenggam kelopak bunga mawar dan rendam di dalam susu atau gliserin untuk beberapa saat, bisa juga ditambahkan madu untuk hasil lebih maksimal, lalu haluskan kelopak mawar. Setelah itu usapkan ke bibir hingga ke seluruh wajah bila perlu. Lakukan setiap sebelum tidur.

10. Gula

Mengelupas kulit mati dari bibir yang pecah-pecah akan membantu mengembalikan kelembutan bibir secara alami. Namun cara mengelupasnya tidak sembarangan, yakni menggunakan gula atau biasa disebut sugar scrub. Cara membuatnya adalah dengan menyampurkan setengah sendok gula dengan 2 tetes minyak zaitun, lalu oleskan merata ke bibir dan gosok perlahan. Setelah 3-5 menit, bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa ganti minyak zaitun dengan madu.

Mencegah bibir kering dan pecah

Selain cara di atas, ada baiknya Anda lebih bijak memilih kosmetik dan mengubah kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan bibir kering. Tips lain yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Gunakan kosmetik yang ber-SPF 15 dan pelembab bibir yang tidak menyebabkan kulit bibir kering.
  • Gunakan lipbalm tipis-tipis sebelum tidur, pilih yang mengandung shea atau cocoa butter. Lebih bagus lagi menggunakan bahan-bahan pelembab alami di atas.
  • Konsumsi lebih banyak makanan ber-vitamin A. Seperti tomat, wortel, dan sayuran hijau. Tetap seimbangkan dengan vitamin lain seperti B, C, dan D.
  • Jangan pernah mengelupas kulit yang terkelupas di bibir dengan tangan. Karena bisa menyebabkan luka. Lebih baik basahi dengan air hangat atau lakukan langkah sugar scrub di atas.
  • Jangan pernah menjilat atau menggigit bibir.
  • Minum cukup air setiap hari untuk mencegah dehidrasi.

Nah itu tadi beberapa cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya jangan lupa bagikan artikel ini keteman anda dibawah ada link share silakan klik dan bagikan keteman yang ingin anda bagikan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *