4 Orang Tewas Akibat Rock Melon Memiliki Bakteri Listeria

Posted on

bahaya Bakteri Listeria Monocytogenes

Dunia kini di hebohkan adanya kasus tewasnya 4 orang setelah mengkonsumsi buah rock melon yang di karenakan adanya bakteri Listeria monocytogenes di Australia.

Dan baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan oleh informasi dari Badan Karantina Pertanian yang merilis bahaya rock melon Australia (cantaloupe) atau melon kuning. Buah tersebut dilaporkan telah tercemar bakteri listeria dan menyebabkan kematian empat warga Australia. Bahkan Kementerian Pertanian telah menutup pemasukan rock melon dari Australia ke Indonesia.

Apa Bakteri Listeria Monocytogenes

bahaya Bakteri Listeria Monocytogenes bisa membunuh anda

infeksi listeria adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Infeksi ini menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, seperti bayi, wanita hamil, diabetesi, dan pasien kanker.

Bakteri ini dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang terbuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi (silage), dan sumber-sumber alami lainnya seperti feses ternak.

Bakteri ini dapat menginfeksi manusia yang mengkonsumsi makanan yang mudah atau sudah terkontaminasi oleh bakteri listeria. Selain rock melon, beberapa makanan yang mudah terkontaminasi bakteri listeria di antaranya adalah. Daging mentah atau tidak dimasak hingga matang. Makanan laut mentah atau hewan laut yang tidak dimasak hingga matang, dan susu yang tidak dipasteurisasi serta keju lunak.

Gejala Terserang Baketri Listeria

Manusia yang telah terserang bakteri Listeria biasanya memiliki tanda-tanda umum sebagai berikut:

1. Kebanyakan orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala,
namun orang tua dan orang muda sangat rentan

2. Suhu tinggi, gejala seperti flu, muntah dan diare

Bagaimana Cara Mencegahnya

cara pencegahan Bakteri Listeria Monocytogenes
Pencegahan agar terhindar dari infeksi bakteri Listeria, yaitu:

 1) Bilas bahan mentah dengan air mengalir, seperti buah-buahan dan sayuran, sebelum dimakan, dipotong, atau dimasak. Bahkan jika hasil tersebut sudah dikupas, tetap harus dicuci terlebih dahulu;

2) Menggosok produk hasil pertanian, seperti melon dan mentimun, dengan menggunakan sikat bersih sebelum disimpan, dan keringkan produk dengan kain bersih atau kertas;

3) Pisahkan daging mentah dan unggas dari sayuran, makanan matang, dan makanan siap-saji;
4) Cuci peralatan masak, berupa alat atau alas pemotong, yang telah digunakan untuk daging mentah, unggas, produk-produk hewani sebelum digunakan pada produk makanan lainnya; serta

5) Cuci tangan menggunakan sabun sebelum mengolah makanan, dan saat akan makan.

Pencegahan secara total mungkin tidak dapat dilakukan, namun makanan yang dimasak, dipanaskan dan disimpan dengan benar umumnya aman dikonsumsi karena Bakteri ini akan mati pada temperatur 75C, tandas dr. Subuh.

Sekarang berhati-hatilah untuk membeli jenis makanan apapun dan jangan lupa anda cucu dengan air mengalir agar kondisi buah atau sayuran tersebut bisa terhindar dari bakteri yang dapat membunuh anda. dan semoga bakteri listeria tidak sampai menimbulkan korban di bumi tercinta kita ya, amin, lihat juga informasi kami yang lainya, jangan lupa anda bagikan jika ini penting ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *